Oke, disini gue bakal ngejelasin apa itu Class dan Object dalam java. tapi sebelum itu, here's a reccomendation for y'all, Knife Party - Bonfire. dengerin aje sambil pelajarin yg gue jelasin ntar.
Let's start. Sebelum gue ngejelasin apa itu Class dan Object, gue bakal jelasin Java terlebih dahulu. Java adalah salah satu bahasa pemograman yang multiplatform (dan multidevice) yang intinya jika kalian membuat sebuah program dalam bahasa java (and not to be mistaken as bahasa jawa, it's different, trust me), kalian bisa menjalankannya di berbagai platform yang mensupport java (dengan penyesuaian atau tidak sama sekali). Java bersifat umum dan non-spesifik.
Java Memiliki Class dan Object. apa itu Class dan Object? Let me explain to y'all
Class
Class (literally in Bahasa, Kelas) adalah sebuah rancangan, (blueprint, centak biru or any other name that have the same meaning) yang dibuat karena memiliki tujuan tertentu. contohnya, mobil. mobil dibuat karena ada tujuan, am i right m8?
FYI, dalam sebuah file java hanya memuat 1 class saja. sebenarnya bisa memiliki class lagi, tetapi belum saatnya kita pelajari Innerclass. you guys ain't ready yet.
Cara buatnya? simple :
Public Class Jepi {
Public : encapsulation dalam java (apakah dia public ato private)
Class : Class (duh, what else do you expect? dio showing up out of nowhere?)
Jepi : Nama classnya
told ya it's simple. now, let's move on to the next part, Object.
Object
Object (and again, literally Objek in Bahasa) adalah isi dari Class. Object dalam java itu sama seperti Object yang ada di kehidupan kita sehari hari, memiliki state (kondisi) dan behavior (perilaku). jadi object memiliki sebuah kondisi dan perilaku yang akan dilakukannya.
seperti yang disebutkan diatas, Object memiliki :
1. State
2. Behavior
nah Object akan dikatakan Object apabila dia memiliki state dan behavior (duh, isn't it obvious?)
Cara buat object? simple juga kok :
Jepi nomor = new Jepi(18);
Jepi : nama class tempat object itu dibuat
nomor : nama variable
new : karena kita membuat sesuatu, tandanya baru. yaudah pake new (kagalah, tapi intinya sama aja)
(18) : inputannya
contoh dalam perumpamaan. Class Jepiganteng misalnya, Objectnya ya pasti apa yang ada pada Jepiganteng, kek umurnya, sifatnya, dll. nah udah kan?
oke karena udah kelar. dan pekanbaru panas banget. gue kelarin aja deh. See ya!
No comments:
Post a Comment